Monday 28 November 2011

Wawancara Kasie PnK 2010 dan 2011


Teh Fulki (2010)
*      Kenapa teh Fulki mau jadi ketua PnK?
  •  Karena suka banget kaderisasi
  •  Banyak hal – hal yang harus dibenahi di PnK
  • Karena berawal dari suka banget, ya jadi suka banget dengan kerjaannya J
*      Setelah jadi ketua, pasti kan dapat staf teh, nah gimana sih cara teteh dalam “mengurusi” staf?
  • Fakta menarik staf saya adalah orang – orangnya yang banyak belum mempunyai bekal, jadi hal yang saya laukan adalah:
  • Jadilah seperti layaknya ibu mereka. Tempat buat curhat, memberikan perhatian lebih ke mereka, dll
  •  Saya biasanya melakukan analisis personal, menanyakan segala yang menyangkut dirinya.
  •  Mengajarkan profesionalisme, bagaimana nilai kerja keras dll
  • Saya menanamkan pokoknya kalo di tim gak boleh ada dominansi
  •  Fungsi kasie gak hanya sekedar driver tetapi seseorang yang bisa menaikkan potensi stafnya.
*      Apa yang udah dilakukan teh fulki selama jadi kasie PnK?
  •  Mengembangkan staff dengan trik yang sedikit otoriter tapi tetap menyayangi J
  • KKMB baru pertama kali terbentuk
  •  Sistem grand opening MABIM terbentuk
  •  Training Fasil sampai 3 X
*      Selama menjabat, hambatannya apa aja teh?
  • .       Capek
  •      Staff di bulan – bulan terakhir mulai terkena sindrom mau cepet udahan.
*      Kondisi kemahasiswaan di FK UNPAD gimana teh, kalo menurut teteh?
  • .      Prestasi yang masih kurang greget
  • .      Kemahasiswaan di FK UNPAD masih dalam proses membangun
  • .      Masih belum merata ekspektasi orang – orangnya, ada yang berekspektasi lebih terhadap kemahasiswaan, tapi ada yang merasa menyesalkan, jadi ada dari staf – staf yang ingin keluar dari organisasi tersebut
*      Kalau yang belum tercapai prokernya atau tujuannya apa teh?
  • .      GBHPK belum terealisasi
  •      Harapannya kedepan supaya benar – benar memberdayakan mahasiswa atau staff dalam proses keorganisasian.

Mba Wulan (2011)
*      Kenapa mba wul mau jadi ketua PnK?
Awalnya gak percaya diri. Jadi gini saya orangnya waktu itu lebih perfeksionis, jadi saya takut kalo PnK nanti malah buruk ketika dipegang saya. Lalu akhirnya mau karena seperti enggak ada orang lagi. Jadi waktu itu calonnya ada dua, yaitu saya dan the friska, tapi the friska tuh g maunya parah banget bener bener gak mau beda dengan saya yang masih ingin mempertimbangkan. Akhirnya saya banyak ngobrol dengan banyak orang yang membuat mata saya terbuka untuk menerima tawaran menjadi kasie PnK.

*      Setelah jadi ketua, pasti kan dapat staf teh, nah gimana sih cara teteh dalam “mengurusi” staf?
  • .      Yang penting bagi saya adalah ketika ingin mengembangkan orang lain, diri saya juga harus berkembang terlebih dahulu. Akhirnya saya banyak baca buku – buku dan artikel – artikel tentang psikologi.
  • .      Mengembangkan staf sebagai kasie itu wajib. Saya mengembangkan staf saya dengan cara agak melepas mereka dengan harapan mereka bisa belajar lebih banyak karena belajar sendiri.
*      Proker yang belum tercapai selama menjabat jadi kasie PnK apa teh?
  • .      TFT
  • .       FORKAB
  • .       Pembinaan berkelanjutan
  •        Tapi Alhamdulillah ada penggantinya yaitu SCORE, meskipun SCORE juga bukan merupakan proker PnK.
*      Selama jadi kasie, apa aja yang udah dilakukan teh?
  • .       Kalo diskalakan apa yang dilakukan nilainya 5 untuk skala 1-10. PnK masih belum menjadi focus saya.
  • .      Alhamdulillah mabim revolusi, udah ada bina desanya J
*      Kalo hambatan selama jadi kasie apa teh?
  •  Ada staf yang masih belum nyaman di PnK jadinya suka “kabur – kaburan” yang akhirnya jarang banget kita kumpul PnK lengkap
  •  Bonding yang masih kurang
*      Pendapat teteh tentang kemahasiswaan FK UNPAD gimana teh?
  • .     Semangat di awal di tengah mlempem
  • .      Ketua senat yang kurang follow up lagi jadi asa loss gitu aja kesininya
  • .      PSDMO: Proker bagus – bagus, tetapi eksekusinya kurang
  • .      Kastil: semakin kesini, semakin gak kelihatan fungsi LITBANG nya.
*      Harapan untuk PnK dan kemahasiswaan FK Unpad apa teh?
Harapan untuk PnK
  • .      Untuk kasie selanjutnya diharapkan mempunyai hubungan interpersonal yang baik
  • .      Jangan sekuler, memisahkan nilai agama dengan organisasi
  • .      Lebih Totalitas kerjanya
  • .      Bondingnya jauh lebih kuat lagi
Harapan untuk Kemahasiswaan?
  • .      Jangan banyak wacana aja, tapi eksekusinya kurang
  • .      Jangan egois juga
  • .      Untuk para organisator, integritas akademiknya kalo bisa lebih terjaga.

No comments:

Post a Comment